Website Design yang Simple, Kreatif & Inovatif

Website design adalah unsur yang sangat penting dalam branding dan marketing di internet. Website design bukan hanya memproses design dengan tampilan menarik (eye-catching), namun berbagai unsur juga harus dipertimbangkan untuk tercapainya ke-efisienan dan ke-efektifan dari sebuah website.

Unsur yang sering dipertimbangkan dalam mendesign website:

1. Tujuan / Goal, hal pertama yang sering dipertimbangkan dalam mendesign sebuah website adalah tujuan dari website itu dibuat. Website bisa saja seperti brosur online, atau bahkan sebagai alat marketing yang jitu untuk meningkatkan pemasaran bisnis anda. Dari tujuan yang jelas akan sangat membantu dalam perancangan design, sehingga dapat memberi bayangan untuk perkebangan design dikemudian hari.

Target Audience2. Sasaran pemakai / Audien, dalam design website juga harus mempertimbangkan sasaran pemakai yang akan dituju, misalanya baik itu grup untuk anak – anak, kalangan remaja, dewasa ataupun untuk umum. Design yang dihasilkan supaya tepat pada sasaran pemakai sehingga pemakai merasa tertarik dan nyaman ketika melihat design dari website yang telah dibuat.

3. Layout / Tata Letak & Grapis, untuk memenuhi kreteria sebuah design harus mempertimbangkan komposisi tata letak dari sebuah objek. Bagaimana caranya biar user mudah menggunakan?? Bagaimana caranya biar user nyaman melihatnya?? Selain itu dalam mendesign website, susunan layout / tata letak cukup berpengaruh kepada SEO dari sebuah website. Dari pada itu buatlah design website yang: Simpel, Kreatif, Inovatif, Seo Friendly.Selain itu,usahakan membuat design dan tata letak setiap page berbeda sehingga user pemakai tidak bosan dengan design dan tata letak yang sama. Pengoptimalan penggunaan gambar juga akan membuat sebuah page menjadi lebih menarik (Hindari menggunakan flash/swf file karena tidak optimal dalam SEO).

Simple Bali website Design Kreatif Bali Website Design Inovatif Bali Website Design Seo Bali website Design

4. Display & Page Size, dengan begitu banyak resolusi screen yang ada (640×480, 800×600, 1024×768, etc.), begitu banyak browser (Internet Explorer, Firefox, Safari, Chrome etc.), dan begitu banyak platform (Windows, Mac etc) membuat design website menjadi sangat susah untuk mencapai kesempurnaan untuk di semua kondisi.Kebanykan user diluar sana menggunakan ukuran resolusi screen (640×480), tetapi ukuran (800×600) dianggap ukuran default untuk sebagian besar webmaster.

Responsive Website

Ada 2 strategi yang sering digunakan untuk masalah resolusi screen:

Lebar yang Fix, dalam artian ukuran website dalam resolusi yang sama/ tetap untuk semua pc, tablet, mobile dll. Website tidak akan terlihat sempurna dan menarik jika ditampilkan di beberapa alat yang berbeda. Kadang bisa terlihat sangat kecil atau sangat besar bahkan design terlihat hancur.

Lebar yang Fleksibel, lebar website secara otomatis mengikuti ukuran screen sehingga terlihat pas pada alat yang digunakan. Tetapi masih selalu ada masalah untuk beberapa elemen dalam mebuat responsive design.

Dan itulah beberapa unsur penting yang sering dipertimbangkan dalam membuat design website, sehingga hasil yang dihasilkan sesuai standarisasi, tujuan dan keinginan para client.