Cara Koneksi Database MYSQL dengan PHP

Cara Koneksi Database MYSQL dengan PHP โ€“ Sebelumnya anda tahu gak? Dulu website itu merupakan kumpulan file HTML yang saling berkaitan yang bersifat statik. Dalam artian jika ada perubahan dalam sisi konten, seorang programmer harus merubah langsung dari file HTML bersangkutan.

Tetapi seiring perkembangan teknologi, PHP dan Database telah membawa perubahan untuk perkembangan website yang bersifat dinamis. PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program website, dimana kode program yang telah dibuat dikompilasi dan dijalankan pada sisi server untuk menghasilkan halaman website yang dinamis (Wahana Komputer). Perubahan isi konten bisa langsung dilakukan dari sisi user sendiri. Jadi seorang programmer tidak perlu susah-susah lagi menjadi data entry untuk isi konten hi..hi..hi ๐Ÿ˜€

Cara Koneksi Database MYSQL dengan PHP tidaklah susah. Tetapi dari saran saya, jangan menggunakan koneksi mysql_connect lagi. Soalnya mysql_connect tidak akan digunakan lagi di PHP versi 5.5.0 dan seterusnya (lihat disini). Jadi Gunakanlah mysqli_connect atau PDO mysql.

Dibawah ini merupakan cara koneksi database MYSQL dengan PHP menggunakan mysqli_connect.

1. Buatlah file php dengan nama koneksi.php dan isikan code dibawah ini:

2. Simpan file koneksi.php dan jalankan pada browser. Dan jika keluar pesan Error maka koneksi yang dilakukan tidak berhasil, tetapi jika hasilnya kosong berarti koneksi telah berhasil.

Sekian cara koneksi database MYSQL dengan PHP semoga bisa membantu dan silahkan dicoba, semoga berhasil ๐Ÿ™‚
Terima kasih sudah mampir ๐Ÿ˜€

Share di:   Email this to someone Share on Facebook Tweet about this on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn

Tinggalkan Komentar: