Cara Insert data ke database MySql dengan PHP

Cara insert data ke database Mysql dengan PHP – Hallo programmer!!  Sepertinya artikel kali ini saya akan membahas ulang dasar – dasar dari Mysql dan PHP.

Topik ini saya bahas kembali karena ternyata lumayan banyak yang masih bingung dengan cara insert data ke database dengan PHP. Terutama teman – teman dekat saya yang lagi pada semangat belajar pemrograman web dengan PHP.

Untuk kembali mengingat dan membantu yang masih kebingungan hingga akhirnya tersesat disini (hi.. hi.. hi..) saya akan bahas ulang topik ini dari awal pembuatan database. Database yang akan dibuat disini hanyalah untuk percobaan.

1. Membuat Database

Nama database yang akan dibuat adalah pixelbali.

2. Membuat Table

Table yang dibuat didalam database pixelbali adalah table user. Table user terdiri dari 4 field diataranya adalah user_id, username, password dan name.

cara insert data ke database mysql dengan php

3. Koneksi PHP ke Database

Dari saran saya di artikel sebelumnya, untuk melakukan koneksi php ke database sebaiknya menggunakan ekstensi  mysqli_connect  atau PDO karena ekstensi  mysql_connect  telah dihapus di PHP 7.0.0. Untuk membuat koneksi selengkapnya bisa dibaca di Cara Koneksi Database MYSQL dengan PHP.

 4. Query Insert

Setelah memiliki koneksi ke database, sekarang kita telah siap untuk melakukan insert data ke database. Saran dari saya, persiapkanlah data yang akan anda insert ke database kedalam beberapa variable dengan nama yang sesuai dengan nama field yang ada pada table. Sehingga proses ini tidak membuat anda bingung nantinya.

cara insert data ke database mysql dengan php

Seperti contoh di atas, urutan dari nama field harus sesuai dengan urutan dari value. Anda bisa saja mengacak – acak urutan nama field asalkan urutan dari value tetap sesuai dengan urutan nama field.

Nama field: (username, password, name)  Value: ('".$username."', '".$password."', '".$name."')

Nama field: (password, username, name)  Value: ('".$password."', '".$username."', '".$name."')

Pada contoh diatas, saya juga tidak menambahkan value untuk user_id. Kenapa? Iyaa.. benar sekali, karena pada table user kita sudah atur user_id dengan auto increment yang akan selalu memiliki nilai bertambah 1 disetiap recordnya.

Sekian pembahasan untuk topik ini. Semoga bisa mudah dimengerti dan dipahami, jika masih ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Terima kasih.

Share di:   Email this to someone Share on Facebook Tweet about this on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn

Tinggalkan Komentar: