Belajar OOP PHP Part 3

Belajar OOP PHP – Melanjutkan artikel saya sebelumnya yang membahas tentang cara membuat object dan cara mengakses member functions dari sebuah class yaitu di artikel yang berjudul Belajar OOP PHP Part 2.

Seperti janji saya, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Constructor Functions dan Destructor.

Apa itu Constructor dan apa itu Destructor?

4. Constructor

Constructor adalah fungsi khusus dalam sebuah class yang dipanggil saat sebuah object dibuat.

Contohnya pada saat membuat object dari class Buku $kimia = new Buku(); . Pada saat pembuatan object tersebut, fungsi constructor pada class Buku akan secara otomatis diproses.

Constructor tidak memiliki return value. Constructor biasa digunakan untuk mempersiapkan object seperti memberi nilai awal kepada atribute, memanggil member function dan beberapa proses lain.

Pada PHP, constructor dibuat dengan menggunakan nama fungsi:  __construct()

Di bawah ini merupakan contoh penggunaan constructor  pada class Buku yang kita sudah buat sebelumnya.

Dengan adanya constructor pada class Buku, pada kasus kali ini kita tidak perlu lagi memanggil member function untuk menentukan nilai dari member variables $judul dan $harga secara terpisah. Kita bisa menentukan nilai member variables tersebut pada saat object dibuat seperti contoh dibawah ini.

Dan output yang dihasilkan dari kode diatas akan sama seperti kode sebelumnya.

 5. Destructor

Destructor adalah fungsi khusus dalam sebuah class yang dipanggil pada saat object sudah tidak dibutuhkan lagi. Biasanya destructor digunakan untuk menghapus atau mendefaultkan object secara manual. Tetapi di dalam PHP fungsi ini sangat jarang digunakan, karena PHP akan secara otomatis menghapus object setelah selesai diproses.

Pada PHP, destructor dibuat dengan menggunakan nama fungsi:  __destruct()

 

Demikian pembahasan tentang Constructor dan Destructor pada artikel Belajar OOP PHP Part 3 ini. Semoga artikel ini bisa mudah dipahami dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Pada artikel berikutnya, saya akan membahas tentang Pewarisan (Inheritance) dalam pemrograman berorientasi pada object di artikel yang berjudul Belajar OOP PHP Part 4.

Terima kasih

Share di:   Email this to someone Share on Facebook Tweet about this on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn

Tinggalkan Komentar: