Cara Mempercepat Website Dengan Browser Caching

Cara Mempercepat Website Dengan Browser Caching. Apakah anda sudah test kecepatan website anda? cepat kah? lambat kah? Bagi yang belum tahu, coba deh check kecepatan website anda di Google PageSpeed. Dari test PageSpeed ini anda akan disarankan banyak cara oleh Uncle Google untuk mempercepat website anda. Salah satunya adalah Browser Caching.

Browser Caching merupakan salah satu cara dalam optimisasi website, khususnya dalam mempercepat load website. Jadi semakin cepat load website anda maka akan sangat baik untuk SEO dan Bounch Rates nya.

cara mempercepat website

Terus Bagaimana cara mempercepat website dengan browser caching? Om Google sih memberikan saran-nya di sini nie. Tapi saya sendiri tidak bisa mencari solusi dari halaman itu ๐Ÿ˜€ . Setelah loncat sana-sini akhirnya ketemu juga cara simpel dan gampang.

Mau tahu caranya??

htaccessIni merupakan salah satu solusi untuk browser caching yaitu dengan htaccess. Edit .htaccess file website anda dengan menambahkan code di bawah ini:

FilesMatch di atas hanya akan mengeset kadaluarsa file pada cache browser untuk type file .ico, .flv, .jpg, .jpeg, .png, .gif, .js, .css dan .woff

ExpiresDefault berfungsi untuk mengeset batas waktu kadaluarsa file-file pada FilesMatch tadi. (A2592000 berarti plus 30 days).

Tapi kalau anda ingin mengeset file-file tersebut dengan masa waktu kadaluarsa yang berbeda, maka anda bisa membuat code seperti dibawah ini dan tinggal atur waktu kadaluarsanya saja. ๐Ÿ˜‰

Jadi pada saat website diload untuk pertama kalinya, browser akan menyimpan semua type file di atas ke browser cache. Dan untuk request dari user yang sama selanjutnya, browser cukup mengambil file-file tersebut di browser cache. Jadi browser tidak menunggu lebih lama lagi untuk request file yang sama ke server. Maka cara ini akan lebih mempercepat website kita.

Setelah itu, test kembali deh website anda dengan tool yang sama. Gimanakah hasilnya??

Nah sekian dulu tutorial singkat mengenai cara mempercepat website dengan browser caching.

Terimakasih telah berkunjung ๐Ÿ˜€

Share di:   Email this to someone Share on Facebook Tweet about this on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn

Tinggalkan Komentar: